Ilmu MUFA: MARI KITA SIMAK MANFAAT BERWUDHUK
Selasa, 11 Maret 2014

MARI KITA SIMAK MANFAAT BERWUDHUK


(alias cuci sebagian tubuh kita. ket{bagi non muslim})


Para ahli kesehatan dunia membuktikan manfaat besar berwudhu. Salah satu yang menelitinya adalah Prof Leopold Werner von Ehrenfels, pskiater sekaligus neurology berkebangsaan Austria.
Ia menemukan bahwa wudhu mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Disebutnya, keselarasan air dengan wudhu dan titik-titik syaraf, membuat kondisi tubuh senantiasa sehat.

Dari kacamata fikih juga dijelaskan hikmah wudhu untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Tangan, muka, mulut dan kaki merupakan daerah yang dibasuh dalam berwudhu, memang menjadi daerah yang paling banyak bersentuhan dengan benda asing, juga kotoran.

Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Diketahui jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kemudian, apabila dibersihkan dengan air (terutama saat wudhu), bahan kimia itu akan larut. Sejumlah penelitian lain juga mengungkapkan, berwudhu dapat menghilangkan bermacam penyakit seperti flu, sakit kepala, pegal, sakit mata, sakit gigi, dsb.

Rasulullah SAW menyatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan terlihat bercahaya. Rasulullah nantinya akan mudah mengenali mereka karena bekas wudhu. “Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu.”
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

 
;