Ilmu MUFA: Tutorial Beternak Kelinci, Perawatan. Halal Haramnya, Pakan alias Peletnya, Semuanya Dibahas dan Terkomplet disini
Kamis, 12 Juni 2014

Tutorial Beternak Kelinci, Perawatan. Halal Haramnya, Pakan alias Peletnya, Semuanya Dibahas dan Terkomplet disini

Pelet kelinci adalah merupakan salah satu konsetrat yang dibutuhkan kelinci . Apakah konsentrat itu? konsentrat adalah bahan pakan dengan nutrisi tinggi yang didalamnya mencakup tanaman bijian dan residu dari proses industri bijian serta bahan lain untuk konsumsi manusia. Pelet biasanya terbuat dari komponen bekatul padi halus,tepung jagung/tepung terigu,tetes tebu, garam dan lain-lain. Untuk kebutuhan serat bisa ditambah hay yang diremukan.


Kebutuhan pelet untuk kelinci harus diperhatikan jumlah kebutuhannya :
Kelinci dewasa antara 100-140 gram
Kelinci bunting 160-200 gram
Kelinci umur 2,5 – 4 bulan < 70 gram
Pemberian pelet tidak boleh berlebihan karena berakibat kegemukan pada kelinci, hal ini akan menganggu kesehatan kelinci iu sendiri. Apabila terjadi kegemukan maka kelinci perlu melakukan diet atau kelinci di umbar diluar kandang biar beraktifitas sehingga kelinci mengeluarkan tinja sesering mungkin.



Dibawah ini contoh komposisi pelet buatan Asep Sutisna Lembang Bandung

A.Pelet tanpa rumput
  • Ampas tahu 50%
  • Bekatul 40%
  • Tepung jagung giling 9%
  • Mineral ( garam yodium ) 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%

B.Pelet dengan rumput
  • Bungkil kelapa 9%
  • Bekatul 50%
  • Tepung jagung giling 10%
  • Bungkil keledai 20%
  • Rumput kering 10%
  • Premix 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%



Berikut komposisi pelet Chandika Rabbit dari sebuah literatur :
1. Kelinci yg sedang dalam masa pertumbuhan,
  • Jagung Giling 62.5%
  • Bungkil Kedele 15%
  • Dedak Halus 20%
  • Tepung Tulang 1%
  • Garam 1.5%

2. Penggemukan (Kelinci pedaging)
  • Jagung Giling 42%
  • Bungkil Kedele 25%
  • Dedak Halus 30%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%

3. Induk Produktif
  • Jagung Giling 52%
  • Bungkil Kedele 12.5%
  • Dedak Halus 22.5%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%

Makanan Altenatif Kelinci Selain Pelet
Pelet merupakan makanan yang bergizi buat kelinci , karena harganya yang cukup mahal antara Rp 8.000,- Rp 15.000,- per kg maka cukup menguras kantong para peternaka maupun penghobi. Tidak ada salahnya kalau kita dapat menyajikan mekanan altenatif yang tidak jauh bergizinya dengan pelat kelinci.

Ada beberapa pakan altenatif yang dapat disajikan ke Kelinci, tentunya dengan pelan-pelan penyajiannya apabila sebelumnya pakannya memakai pelet.

A. Pakan Altenatif dari Bekatul/dedak

Hal ini disarankan memakai bekatul/dedak padi bukan ketan , karena dedak ketan akan lengket yang mengganggu pecernaan kelinci. Bagaimana cara penyajiannya ?
Bekatul/dedak dicampur dengan air secukupnya , jangan terlalu banyak air
Pastikan tempat pakan bersih dan tidak tercampur dengan kotoran, apabila ada sisa makanan lebih dari 3 jam sebaiknya dibuang

Komposisi pembuatan untuk 1 kg bekatul/dedak : bekatul 1 kg , tepung jagung/dedak gandum 1/2 kg, garam sepucuk sendok teh, kalsium khusus untuk ewan pemakan rumput 1/2senok teh ( cat ; garam dan kalsium tidak terlalu penting, karena kelinci mendapatkan mineral dari rumput, sedangkan kalisum dari makanan lain

Kandungan Bekatul kasar ( kulitgabah yang bercampur dengan pecahan padi ) ; protein 13,2 – 27,3 %, lemak 17 – 22,9% , serat 9,5 – 13,2 %, Abu 9,2 – 11,5%, N bebas 39,6 – 60,8%, Pati 16,1%, Gula 6,4 – 6,5 % dan juga Vit BKompleks ( B1, B2, B3, B5, B6 dan B 15 )

B. Pakan Altenatif dari Ampas Tahu

Kandungan apa aja yang ada pada ampas tahu ?

Protein 23,55%, lemak 5,54%, karbohidart 26,92%, abu 17,03%, serat kasar 16,53% , air 10,43% ( data : kementerian negara risetdan teknologi )


Bagimana Cara penyajian ?
Karena kandungan air pada ampas tahu banyak maka peras ampas tahu sampai kenyal
Pastikan tempat pakan bersih dari kotoran dan pakan habis sebelum 3- 4 jam , apabila lebih alangkah baiknya dibuang sisa makanan tersebut.

Komposisi pakan ampas tahun setiap 1kg : ampas tahu sudah diperas 1 kg, bekatul padi 1/2 kg, jagung giling 1/2 kg dan kalsium khusus untuk hewan pemakan rumput 1/2 sendok teh.

Dengan adanya bebarapa pakan alternatif diatas kita semakiin banyak pilihan, terutama para peternak yang jauh dari kesedian pakan pelet ataupun pakan lain buatan pabrik yang biasa digunakan para peternak kelinci ( polar, gemuk A, white brand ).


sumber : internet, buku kelinci


Pakan Berkualitas untuk Kelinci

A. Daun Pepaya

Kadungan gizi pada daun pepaya antara lain : Vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal. protein 8,0 mg, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg, fosfor 63mg, Besi 0,8 mg, air 75,4 gram.

Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Pemberian daun pepaya harus dilayukan min 4 jam , karena kondisi basah/segar getahnya membuat gatal mulu dan kerongkongan kelinci

B. Wortel
Kelinci sangat menyukai wortel, pakan jenis ini kelinci tidak perlu menyusaikannya. Kandungan yang ada pada wortel yaitu : vitamin A yang sangat tinggi sebesar 12.000 SI, kalori 42 kal, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, Vitamin B1 0,06 miligram, Vitamin C 6 miligram (hasil riset BPPT dalam situs Sentra informasi IPTEK )

Apa khasiat dari Wortel ?
Vitamin A pada wortel untuk memperkuat pandangan, mempercepat proses penyembuhan luka dan menekan pertumbuhan sel kanker Daun Wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan hormon seksual Akar wortel untuk memperkuat fungsi hati, melancarkan air kencing, mengusir zat yang tidak berguna dan melindungi tubuh dari racun.

Pemberian wortel 1 hari cukup 1 batang, ini sangat bagus untuk kelinci hamil atau menyusui. Wortel busuk atau dari almari es jangan diberikan .


C. Ubi Jalar
Kandungan kimia pada ubi jalar antara lain : Energi 81,1 ( kj/100 gram ), protein 1,43%, Lemak 0,17 %, pati 22,4 %, Gula 2,4 %, Serat Makanan 1,6 %, Kalsium 29 % ( mg/100gram ), fosfor 51 % (mg/100 gram ), besi 0,49 % ( mg/100 gram), vitamin A 0,01% ( mg/100 gram ), Vitamin B1 0,09% ( mg/100 gram 0, Vitamin C 24 % ( mg/100 gram ) , air 83,3 % gram.

Apa khasiat dari ubi jalar ?
Mampu menyerap kelebihan serta kadar lemak atau kolesterol darah Mencegah sembelit dan memudahkan buang angin Pemberian ubi jalar adalah sebagai pakan tambahan yaitu 1 minggu sekali . Hindarkan pakan ubi jalaryang tidak bagus , yaitu ada bercak hitam pada ubi tersebut.


D. Tomat
Tomat adalah sumber vitamin C dan A yang sangat baik karena 100 gram tomat memenuhi 20 % atau lebih dari kebutuhan vitamin C dan Vitamin A sehari .

Apa khasiat dari Tomat ?
Memelihara kesehatan gigi dan gusi Mempercepat peyembuhan luka-luka Menghindarkan terjadinya pendarahan pembuluh darah halus. Untuk kesehatan organ penglihatan,sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan reproduksi Sebagai anti oksidan Karena tomat mengadung amoniak ( senyawa kimiadengan rumus NH 3 yang dapat menimbulkan bau tidak enak ) maka tomat tidak direkomendasikan sebagai pakan kelinci. Pemberian tomat sesekali aja , pastikan pemberian tomat pada kelinci tertentu saja seperti terkena sembelit atau tambahan dalam pembuatan pelet.

Jadwal Pemberian Pakan
Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci adalah jadwal memberi makan hewan kesayangan kita. Seperti halnya manusia , kelinci memerlukan perhatian dan kebutuhan yang cukup dalam makanan.


Jadwal yang rutin dan kosisten akan membantu pertumbuhan kelinci menjadi sehat dan terawat . Berikut jadwal pemberian pakan yang baik :


A. Pagi ( jam 8:00 )
Pemberian pakan padat berupa bekatul, ampas tahu atau pelet pakan padat untuk kelinci anakan 70 gram, kelinci dewasa 90 – 100 gram, dan induk kelinci 120 gram Jangan lupa ketersedian air minum.

B. Siang ( Jam 13:00 )
Pemberian sayuran tambahan berupa hijauan yang dilayukan atau wortel 1 batang untuk satu ekor kelinci untuk kelancaran pencernaan kelinci.

C. Malam ( jam 19:00 )
Pemberian rumput yang layu sebrat 8 ons – 1, 5 kg atau menyesuaikan kebutuhan makan kelinci Apabila kesulitan dalam mencari rumput , makanan padat dapat dimanfaatkan ( pelet, bekatul, atau amapas tahu ) Makanan yang lain dapat menggunakan polar, Gemuk A, white brand . Vitamin dapat diberikan setiap satu bulan , baik dengan injek ( suntik ) maupun dicampur dengan minuman .Kebutuhan vitamin kelinci dapat dilihat label ” obat dan vitamin kelinci “.


Manfaat Daging Kelinci Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Dari hasil penelitian, daging kelinci sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, baik untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit, dan juga baik untuk vitalitas tubuh, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi daging kelinci: 

1. Mencegah Kanker
Daging kelinci dapat mencegah kanker karena memiliki kandungan niasin ( 8, 43 mg/ 100 gr bahan, setara dengan 42% dari total kebutuhan harian) , vitamin B12 ( 8, 3ug/ 100 gr bahan) , dan selenium ( Se) dengan kadar 38, 5 ug/ 100 gram bahan setara dengan 55% dari total kebutuhan harian tubuh.

2. Niasin
Niasin atau yang sering kita sebut dengan vitamin B3 atau nama lainnya ialah asam nikotinat, nikotinamid, niasinamid atau pellagrapreventive ( PP) factor, merupakan bagian dari ko-enzim NAD+ ( nikotinamid adenin dinukleotida) dan NADP ( nikotinamid adenin dinukleotida fosfat) dari enzim dehidrogenase, yang dibutuhkan sebagai katalis reaksi hidrogen. Defisiensi akan menimbulkan penyakit pellagra, yang gejalanya muncul pada kulit, saluran pencernaan dan sistem saraf pusat ( three Ds of pellagra adalah: dermatitis, diare, dan depresi) .

3. Vitamin B12
Vitamin B12 atau kobalamin yang memiliki nama lain antipercious anemia factor, erythrocyte maturation factor atau animal protein factor ( APF) , dapat mengawal pertumbuhan badan agar tetap normal, berperan penting dalam pemeliharaan jaringan syaraf, dan pembentukan sel-sel darah merah.

4. Menyembuhkan Asma
Selain mencegah kanker, mengonsumsi daging kelinci juga dapat menyembuhkan asma. Asma yaitu suatu penyakit alergi yang bercirikan peradangan steril, disertai serangan sesak napas akut secara berkala, mudah tersengal-sengal dan batuk. Melalui cara pelepasan mediator vasoaktif kuat, seperta histamin, serotonin, dan bradikinin, sel mastosit berperan penting dalam terjadinya serangan asma. Agar gejala tersebut tidak terjadi, maka sel mastosit harus distabilisasi, caranya yaitu dengan pemberian anti-histaminika, diantaranya ketotifen. Daging kelinci diduga memiliki unsur ketotifen.

5. Penyakit Jantung
Daging kelinci mampu menurunkan risiko kolesterol dan penyakit jantung. Rendahnya kandungan kolesterol dan natrium membuat daging kelinci sangat dianjurkan sebagai makanan untuk pasien penyakit jantung, usia lanjut, dan mereka yang bermasalah dengan kelebihan berat badan.

6. Kesuburan Wanita
Mengkonsumsi daging dan Otak kelinci secara rutin, juga dapat membantu kesuburan para wanita.

7. Keperkasaan Pria
Mengkonsumsi Daging, Penis dan Testis kelinci juga dapat membantu keperkasaan seorang pria.

Sumber: 
1. Studi selama sepuluh tahun yang dikomandani the Arizona Cancer Center, pada 1.312 laki-laki dan perempuan dengan riwayat kanker kulit, mendapatkan, meski belum terbukti kemanjurannya dalam menjaga subjek dari terjangan kanker kulit baru, elemen kelumit ( trace element) ini ternyata dapat melindungi mereka dari beberapa tipe kanker lainnya. Partisipan yang diberi suplemen Se 200ug sehari memiliki 63% , 58% , 46% kemungkinan lebih rendah mendapat kanker prostat, kolorektal, serta paru-paru, dibanding mereka yang diberi plasebo.

2. Sementara menurut Prof.Dr.Ir.Deddy Muchtadi, M.S., yang menyelesaikan studi S-3 di Universite des Sciences et Techniques du Languedoc, Montpellier, Prancis, proses penuaan menurunkan kadar Se dalam tubuh: kadar Se dalam darah menurun sebanyak 7 persen setelah berumur 60 tahun, dan sebanyak 24 persen setelah berumur 75 tahun, agar orang tua dapat terbebas dari pellagra, terpelihara kesehatan sarafnya, tetap semangat lantaran moodnya tak pernah kendur, dan terhindar dari gangguan kanker, merajinkan diri mengonsumsi daging kelinci merupakan salah satu solusinya.

3. Penelitian Dian Kesuma dan kawan-kawan dari universitas brawijaya ( Unibraw) , Malang, sekitar tahun 2000, berhasil membuktikannya bahwa daging kelinci memang mengandung ketotifen. Berkat keberhasilannya itu mereka dinobatkan sebagai juara dalam lomba karya ilmiah tingkat nasional bidang IPA, saat itu acaranya berlangsung di Kota Solo.

4. Ahmad Yunus S.Pt, SUKSES BETERNAK KELINCI POTONG, Halaman 38-43. -

5. Http: / / rabbitwrangler.wordpress.com.
Http: / / myrabbits-my-rabbit.blogspot.com .

6. Departemen agrikultur Amerika ( United States Department of Agriculture) telah mengadakan riset tentang daging kelinci dan telah menyatakan bahwa daging kelinci adalah daging yang sehat untuk dimakan. Bahkan, USDA ( United States Department of Agriculture) menyatakan bahwa daging kelinci adalah daging paling bergizi yang diketahui manusia.

7. Dr. Yono C. Raharjo dari Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor, mengatakan bahwa daging kelinci belum menjadi daging favorit di Indonesia walaupun nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik bagi kesehatan. Fakta lain, daging kelinci terdiri atas daging putih yang rendah lemak dan memiliki kadar glikogen tinggi.



Pertanyaan Halal Haramnya Daging Kelinci :
Bagaimana kah hukum makan daging kelinci?
Karena setahu saya kelinci itu satu genus dengan tikus
Jawab:
Hadis riwayat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Ketika kami melewati daerah Dhahran, kami melihat seekor kelinci berlari melompat-lompat. Para sahabat mengejar untuk menangkapnya, tetapi tidak berhasil. Kemudian aku berusaha menangkapnya dan berhasil. Lalu aku menemui Abu Thalhah sambil membawa binatang tersebut, lalu kami menyembelihnya. Bagian pangkal paha hewan itu dikirim kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan aku membawa sebagian dagingnya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau menerimanya. (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan Ad Darimi)
Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhary dan Imam Muslim dari Anas bin Malik -radhiallahu ‘anhu-:
أَنَّهُ صلى الله عليه وسلم أُهْدِيَ لَهُ عَضْوٌ مِنْ أَرْنَبٍ، فَقَبِلَهُ
“Sesungguhnya beliau (Nabi) -Shallallahu ‘alaihi wasallam- pernah diberikan hadiah berupa potongan daging kelinci, maka beliaupun menerimanya”.

Imam Ibnu Qudamah berkata dalam Al-Mughny, “Kami tidak mengetahuii ada seorangpun yang mengatakan haramnya (kelinci) kecuali sesuatu yang diriwayatkan dari ‘Amr ibnul ‘Ash”.


Kalajengking, ular, gagak, tikus, tokek, dan cicak.
Semua hewan yang diperintahkan untuk dibunuh tanpa melalui proses penyembelihan adalah haram dimakan, karena seandainya hewan-hewan tersebut halal untuk dimakan maka tentunya Nabi tidak akan mengizinkan untuk membunuhnya kecuali lewat proses penyembelihan yang syar’iy.
Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:
خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فَي الْحِلِّ وَالْحَرَمِ: اَلْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الْاَبْقَعُ وَالْفَأْرَةُ وَالٍْكَلْبُ وَالْحُدَيَّا
“Ada lima (binatang) yang fasik (jelek) yang boleh dibunuh baik dia berada di daerah halal (selain Mekkah) maupun yang haram (Mekkah): Ular, gagak yang belang, tikus, anjing, dan rajawali.”(HR. Muslim)
Adapun cicak dan termasuk di dalamnya tokek, maka telah warid dari hadits Abu Hurairah riwayat Imam Muslin tentang anjuran membunuh wazag (cicak).
Kesimpulannya : Dading Kelinci dengan proses penyembelehan yang benar menurut syariat Islam. tu Hukumnya Halal.

tags : pengemukan kelinci, perawatan kelinci, pelet pakan kelinci, pakan berkualitas kelinci, komposisi pelet kelinci, sayuran wartel kelinci, sayuran tomat kelinci, manfaat kelinci, manfaat kelinci untuk kesehatan, halal dan haramnya daging kelinci, kesuburan, asma, haram Kalajengking, haram ular, haram gagak, haram tikus, haram tokek, dan haram cicak.
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar

 
;